[Review] Reputation by Tessa Intanya




GLAM GIRLS. YOU WILL LOVE US—WE PROMISE.
Kamu melihat kami berkilauan setiap hari. Tatanan rambut kami selalu sempurna, bahkan sejak bangun tidur. Kamu bilang, kami mengeja ‘Chanel’, ‘Fendi’, dan ‘Prada’ lebih cepat daripada ‘Geometri’. Menurutmu, kami cantik—dan diam-diam benci setengah mati karenanya. Kadang, kamu juga berharap kamulah yang dikerumuni cowok-cowok itu—bukan kami. Malamnya, dalam doa kamu bertanya, kenapa Tuhan bisa sebegitu nggak adilnya.
But, here’s the truth. Setiap pagi, kami ngabisin waktu lebih lama di depan cermin karena kami sadar, penampilan glamor nggak sesederhana Miley Cyrus make wig pirang dan, poof, jadilah Hannah Montana. Kami bisa juga kok mengeja ‘Geometri’—meskipun JARANG BANGET make kata itu dalam percakapan sehari-hari. Dan tentang cantik... well, itu anugerah. Kalo kamu benci kami karena sesuatu yang dibawa sejak lahir, apa akan adil kalo kami juga membencimu karena pintar? Dan tentang cowok-cowok itu, kamu nggak tahu kan kadang-kadang mereka bisa jadi sangat posesif dan menyusahkan.
Jadi gimana, masih berani bilang Tuhan itu nggak adil?
 


Sebelum baca buku ini, saya sudah baca varian yang Unbelievable dan satu lagi saya lupa judulnya. Buku ini ditulis lewat sudut pandang Rashi, yang lalim, jutek, bossy dan sebagainya. Rashi merupakan siswi Voltaire, dia itu--queen-- i name it. Di sekolah internasional macam Voltaire, pertemanan tulus bisa dianggap mitos dan harta paling sulit dicari, meski mereka semua orang kaya tapi mereka juga ngga sembarang cari teman.

Susah memang kalau ngga diawali dari kita sendiri, kaya Rashi, dia ngga mau asal pilih teman, salah satu cliquenya didepak, yap MT si backstabber, dan posisi MT digantikan Adriana, cewek nerd. Setelah banyak masalah menghampirinya, apa lagi dengan tulisan-tulisan para haters, kini ganti, masalah keluarga Pradokso yang membuatnya kesal tujuh turunan, apa lagi ditambah dengan Lucas dan Arian tentunya (itupun kalau Arian masuk list 'masalah'). Mampukah Rashi bertahan?

Just like other Glam Girls novel, this one is so amazing. Membuat saya jatuh cinta, dan membenci kehedonismean. Novel ini menguak keseluruhan hidup Rashi, yag ngga kita ketahu sebelumnya pada  buku Glam Girls lainnya. Rashi, si queen be, meskipun terlihat flawless, namun dia juga punya sisi gelap.

Rashi karakternya lebih kuat dan lebih menyebalkan jika saya baca di novel ini, saking kuatnya karakter dia, dibeberapa bagianpun Rashi bisa bikin saya ngerasa 'kasihan' dengan dia. Kadang saya pengen peluk dan bilang semangat, Ras, tapi satu waktu pengen juga ngubur da hidup-hidup. Singkat kata, penulisnya sukses mengaduk-aduk perasaan pembaca.

Saya ngga akan banyak komentar tentang novel ini, karena sama saja dengan seri Glam Girls yang pernah saya review. Saya sih nggak baper baca novel ini. B aja, cuma novel ini keren kok, saat yang lain meggunakan tokoh antagonis sebagai pendukung, (Menurut saya Rashi jahat), novel ini pake tokoh jahat sebagai centre.

Judul: Reputation
Seri: Glam Girls #2
Penulis: Tessa Intanya
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: I, 2009
Tebal: x + 346 hlm
ISBN13: 9789797803209

2 comments:

  1. Buku perpustakaannnn :v
    Gue jadi ingat, buku perpustakaan yg gue pinjam waktu SMP sampai sekarang gak gue balikin, kira-kira udah 6th :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woiadong, gue kan mengurangi penggunaan kertas *alibi*
      Pantes perpus kekurangan koleksi ... biangnya situ tohwkwkkw XD justkidd

      Delete