[Review] SeoulMate

from kaskus. belum sempet foto :D
Penulis : Lia Indra Andriana
Penyunting : O Lydia Panduwinata
Desain dan ilustrator cover : Tom Kuu
Layout designer : Tom Kuu
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun terbit : 2011
Tebal buku : 300hlm
No. ISBN : 978-602-98325-0-1


Ketika kenyataan menentangmu untuk terus berharap
Lia Indra Andriana lahir di Ponorogo, 19 Desember 1986. SoulMate adalah karya kesebelas (wih kaya anggota bola sepak aja :D). Soul Mate merupakan novel Lia bersetting korea yang ketiga, setelah Seoul Cinderella dan Marrying Aids.

Kim Sun, memutuskan menjadi mate dan bergabung dengan organisasi penyalur hantu bernama SoulMate, seraya berharap untuk kembali bertemu dengan seorang pria. Organisasi tersebut adalah organisasi yang menerima proposal dari para klien SoulMate. Sebagai mate, Sun bertugas untuk menjaga soul-nya. Sayangnya, Sun ditugaskan menjaga Soul amnesia. Sifat antara Soul dan Mate harus selaras agar mereka tak sering bertengkar, namun apa daya, Kepala Sun yang sekeras batu dan juga Jang-- sebutan Soul yang dijaganya, sangat sukar diselaraskan.

Aku beli buku ini karena tertarik dengan kisah cinta dari 2 dunia-- yang omong-omong kata kak Orizuka 'cute love story'. Memang, kisah cintanya yang manis, antara manusia dan arwah, antara Jang dan Sun, dua orang yang sama-sama menyebalkan bersatu. Kak Lia berhasil mengambil tema anti mainstream ini menjadi kisa manis, unik. Aku suka cara kak Lia membuat karakter batu seperti Sun, lucu, manis. Konfliknya imbang denga filter, aku suka.

Bagian yang paling aku suka adalah saat Jang kembali jadi------ adegan tak terima Sun, hingga merelakan Jang, aku terharu sendiri bacanya, penjabarannya mengaduk-aduk emosi. Lalu, SoulMate On Location dia akhir novel, memuat lokasi yang diselipin di novel ini, seperti Bukcheon hanok Village banyak sisi plus di sini, aku jadi mengenal lebih dalam, sekaligeus riset :D. Juga ada Istilah Soulmate, sebeum SOL, juga ada kamus SoulMate. Lengkap.

Sayangnya, setelah 'hal itu' yang telah terjadi pada Jang (bagian akhir), terasa nggak mungkin, tau sih ini fiksi, ya cuma gitu aja, susah diterima logika kalau jang bisa ketemu lagi dan malah jadi Soulmate.

3,5/5 bintang untuk novel ini <3<3



2 comments: