[Review] To All Boys I've Loved Before

Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penyunting : Selsa Chintya
Proofreader :Yuli Yono
Ilustrasi Isi : @teguhra
Penerbit : Spring
Tahun Terbit : 2015
Tebal : 380hlm
No. ISBN : 978-602-71505-1-5
Harga : Rp64000 (http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-89659/novel-fiksi-cerpen/to-all-the-boys-i-ve-loved-before.html)



Lara Jean, menulis surat cinta untuk 5 orang yang pernah ia cintai. Tapi surat itu hanya untuk dirinya sendiri. Lalu pasa suatu hari, kotak topi beserta isinya hilang misterius, semua surat-surat cinta-rahasinya itu terkiriim entah oleh siapa.

Josh, tetangga Lara Jean, pacar Margot-- kakak Lara Jean. Setelah kepergia Margot, kehidupan dua tetangga itu berubah, semenjak insiden surat cinta Lara Jean, kekacaubalauan terjadi.

Premisnya bikin lemah iman, koflik yang disajikan secara rapih di sini, kekuatan karakter-karakternya. Aku salut dengan ikatan gadis-gadis Song, walaupun ibu mereka tela meninggal, tapi mereka begitu mandiri, apalagi Margot, mungkin dia bakal jadi kakak paling diidolakan di dunia (nyata). Suka banget dengan pertemanan Chris-Lara Jean, walau Chris berantakan parah, tapi Lara Jean bisa menerima itu dan mereka memahami satu sama lain.
Tidak ada gunanya bertanya-tanya tentang apa yangmungkin terjadi - hlm.17
Jenny Han juga pintar membuat karakter brengseknya Peter, daku jatuh cinta. Saat Peter ternyata berperilaku baik terhadap Lara Jean, disitu saya merasa tersemsem. Cara Peter memperlakukan Lara Jean, akan sulit memnbedakan tulus dengan berpura-pura, Peter ini dewa di sekolah. Salut dengan rasa kekeluargaan yang kental, karena di novel ini juga memberi fokus ke keluarga Covey.  Aku paling tidak suka dengan karakter Josh, labil, saat Margot pergi dan saat surat itu* sensor
... untuk masalah hati, kita tidak bisa memperkirakan bagaimana seseorang akan bersikap- hlm,18
Hal paling mengejutkan ada pada bab 50, halaman 280. Wow wow, unbelievable.
Ada kata Indonesia di halaman 119, dan itu bukan apa-apa sih, tapi kalau mau baca, jangan lupa lm.119 :D

Dibutukan tanggung jawab yang besar untuk mencengkram hati seseorang dalam genggamanmu- hlm 45

Novel karya Jenny Han berhasil membuatku mempertebal iman membaca buku ini, di sini banyak adegan dimana memang seharusnya daku tidak membacanya, hello, im 14. Aku nggak mikir jauh kalau label 'remaja' di buku ini bakal berbeda dengan 'remaja' di luar Indonesia, kalo di Indonesia ini mungkin sudah masuk hitungan dewasa tapi dengan tokoh anak SMA, aku baru tau kehidupan high school di sana sebegitu beresiko apalagi kata Chris si Gen rutin meminum pil kontrasepsi lebih lama dari pada Chris. Tapi itu nggak membuatku berhenti baca ini, imanku cukup tebal, dan didukung juga uang yang kukeluarkan yang seharusnya punya Ilana Tan yang aku beli o_O. Baca novel ini juga jadi pengen punya tetangga kayak Josh. Omong-omong semoga Spring nerbitin seri keduanya, dan sebelum terbit, daku mau lebih pertebal iman lagi B-)

  • "Kau pandai membuat orang lain merasa istimewa" hlm.81
  • "... melihat sisi baik dari kehidupan tidak pernah merugikan siapa pun." hlm.91
  • "Aku tidak berkewajiban untuk menunjukkan diriku pada mereka." hlm.170
  • "Karena kadang-kadang kau hanya merasa sedih dan kau tidak bisa menjelaskannya." hlm. 370
  • "Cinta itu menakutkan. Cinta itu berubah. Cinta tidak bisa menghilang. Itulah bagian dari resikonya."hlm.376

Secara keseluruhan, novel ini keren, 4/5 bintang untuk novel ini. Eh tunggu, udah pada punya buku ini belum? kalau belum di Bukupedia.com ada lho, free ongkir pisan! ini dia link bukunya, capcus ke sana coeg http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-89659/novel-fiksi-cerpen/to-all-the-boys-i-ve-loved-before.html

No comments:

Post a Comment