[Review] Lovemeter


Penulis : Yuni Tisna
Desain sampul : Orkha Creative
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2014
ISBN : 978-602-03-0439-7

Semuanya sudah benar-benar diringkas dalam blurp, alurnya terbaca, seperti teenlit-teenlit di pasaran, tapi tak membuat saya enggan berhenti baca. Manisnya kisah Riska-Nael dan Erik, Ita, Evan yang menurut saya pacarable :D

Ceritanya bermulai dari sebuah link Lovemeter yang ternyata hanya jebakan belaka, link itu pula yang menjadi titik balik kehidupan Riska. Dia harus mau melaksanakan semua perintah dewa siswa di SMA-nya, siapa lagi kalau bukan Nael? Nael yang tampan, kaya dan anak basket itu memang susah untuk nggak bikin seluruh cewek SMA klepek-klepek, Cuma Riska yang sepertinya penganut anti-Nael.

Ceritanyna kucing-kucingan gitu, benci jadi cinta, macem Pay It Forward, Marry Now Sorry Later, Sid-Juli di High School Paradise, Fall dan banyak lagi. Premisnya memang mainstream, tapi cerita benci jadi cinta memang belum lekang oleh waktu hingga saat ini, buku Jane Austeen bahkan banyak digemari hingga sekarang.

Lovemeter karya Mahasiswi Teknik Multimedia & Jaringan ini, ngga bikin bosan, bahasa pas, cocok untuk teenlit, ringan dan nggak nyeleneh. Soal plot, saya suka. Soal sampul juga, saya suka, waktu itu saya pilih buku ini karena sampulnya pink fanta dan manis, eye-catching dan menarik. Lay out dalamnya juga lumayan, fontnya coco.

Adegan yang paling saya suka ada di bab 11, pas scene pertama, di mana Nael ngga terima kalau Sandra duduk di sampingnya. Lucu aja gitu, si centil Sandra dibentak dan dipermalukan. Ngomong-ngomong Sandra nih, penokohan di novel ini cukup oke. Masing-masing punya kemistri dan masing-masing karakter sudah dimatangkan oleh penulis, konsisten jadinya.

Tokoh yang paling aku suka adalah Evan, walau scene dia dikit, tapi aku suka karena dia orangnya ceria, ramah dan baik. Apa lagi pas traktir Riska. Nael ada diurutan kedua, cowok macam dia ini gemesin walau suka jaim :3

Eksekusi endingnya bintang 3, pas sebelum epilog scene manis :3 dialognya lucu dan gemesin. Cuma saya ngerasa janggal aja pas Nael bilang “Makasi, ***n*.”

Secara keseluruhan, novel ini cocok dibaca saat bosan, 3,5/5!! Oh ya ini karya debut kak Yuni ^o^ dan sekarang terbit buku barunya dengan judul Fairly (Wishlist tuh >,<)


No comments:

Post a Comment