[Review] Investing Guide From Zero To Hero


Judul                     : Investing Guide From Zero To Hero
Penulis                 : Bambang Muliyadi dan Arwani Pranajaya
Penerbit              : Grasindo Publisher
Tahun terbit       : 2014
ISBN                      : 978-602-251-709-2

Apa sih saham itu?
Gimana cara kaya dengan saham?
Investasi teh apa?
Investasi itu bukannya Alien ambil alih bumi?

Ke dua penulis buku ini merupakan pengamat ekonomi dan pasar modal. Ke duanya telah berkecimpung dalam dunia investasi sejak dulu. Ke duanya telah mendapat berbagai penghargaan dan sertifikasi dalam bidang ekonomi.

Lewat buku ini, penulis menyampaikan tentang bagaimana berinvestasi secara cerdas. Investasi itu sendiri artinya adalah kegiatan menanam modal dalam bentuk saham. Saham itulah yang akan dibahas habis-habisan dalam buku ini. From zero to hero.

Buku ini secara garis besar memaparkan tentang do and don’t untuk menjadi kaya dari investasi. Dibagi menjadi 3 bab, bab pertama mengacu pada pengertian atau dasar, bab kedua pengenalan teknik-teknik dalam investasi, bab ketiga pendalaman teknik-teknik. Buku ini mengacak pembaca untuk mengetahui lebih dalam apa saja sih yang dilakukan oleh para investor.

Menurut saya, buku ini cukup lengkap (ini kali pertama saya baca buku investasi), disertai dengan chart-chart bursa saham, tokoh-tokoh hebat dalam dunia saham dan ilustrasi-ilustasi yang membantu pembaca memahami buku ini. Dalam beberapa part juga penulis menyisipkan sebuah kisah di mana, hikmahnya bisa diterapkan dalam dunia perinvestasian, ada juga selipan kasus-kasus di mana pembaca diajak untuk menganalisis bersama.

Buku ini mengajak saya sebagai pembaca berpikir, mengapa dunia perinvestasian ini begitu menggiurkan dengan laba-laba yang besar walau hanya bermodalkan “modal”, saya nggak bisa bilang bahwa itu murni hanya membutuhkan modal, tapi siapapun yang mempunyai modal pasti bias berinvestasi, jika mujur, dia akan kaya. Seperti halnya
Warren Buffet yang memulai investasi pada umur 20 tahun dengan modal 9800 usd, pada saat usianya 58 tahun, modalnya berkembang menjadi 62milyar usd.

Saya sebenarnya berpikir banyak setelah membaca buku ini, namun karena saya teringat Ujian Akhir, yang saya pikirkan hilang semua.

Kekurangan buku ini hanya pada tata Bahasa dan tata tanda, seperti “ … Fantastik, bukan.” Seharusnya ditulis “ … Fantastik, bukan?”. Memang sepele tapi kesannya jelek dan membuat saya tidak nyaman dan greget. Selebihnya, buku ini sangat oke. Saya saja yang cuma mengerti saham jadi kepengin jadi Warren Buffef Jr. hahaha.

Bagian yang saya paling suka adalah bagian di mana penulis menuliskan quotes-quotes. quotesnya entah kenapa membuat saya kesetrum dan tiba-tiba senyum sendiri, lalu menyesal.

"Banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir, dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain." -Bob Sadino



No comments:

Post a Comment