[Postbar] Children Books



April tahun ini merupakan bulan saya kunjungan ke perpus. Alhamdulillah, banyak libur karena kakak kelas persiapan UN dan pasca UN. Saya gembira bukan main Karena dengan begitu kesempatan saya main di perpus makin besar.

Waktu luang itu saya manfaatkan dengan mencari materi untuk posting bareng BBI bertema Children’s Book (Sekaligus memeriahkan hari buku anak sedunia). Awalnya saya kira, yang bukan anak-anak ngga boleh masuk ke ruang baca anak, tapi ternyata  boleh hehehe, saya langsung cus lepas sepatu dan menghambur ke rak buku anak.


Tempatnya sih ngga terlalu luas karena (mungkin) minat baca anak kurang tinggi jadi Pusda ngga mau mubazir :D saya mau sedikit cerita deh fasilitasnya, penerangannya okelah, karena ruangan ini punya jendela besar yang menghadap gedung B Pusda, dan cahaya dari luar biasa masuk secara optimal kalau cuaca lagi bagus. Ada beberapa meja pendek beserta kursinya di tengah ruangan. Warna kursinya lembut lho X_X terus, sebagai pelindung, lantai ruangan dilapisi karpet puzzle anak warna-warni. Bukunya cukup banyak, raknya juga banyak tapi saya lupa berapa jumlahnya. Posisi rak ada di depan dinding 3 sisi ruangan (kayak leter U), isinya dari macam ensiklopedia sampai buku cerita ada. Karena saya orang yang suka bersyukur (Hueueheh) saya anggap semua itu cukup!



Namun, ruangan ini bisa dibilang kalah pamor karena sepenglihatan saya, ruang internet (menyediakan fasilitas internet dan computer, letaknya bersebelahan dengan ruang baca anak) lebih sering digandrungi anak SD ketimbang ruang baca anak. Ini memang jadi pemandangan yang biasa bagi saya, kerana penghuni warnet depan komplekpun, hampir 60 persennya merupakan anak di bawah 12 tahun. Saya sebagai anak yang agak masih bau kencur pun sejujurnya senang internetan, apalagi gratis dan cepat, cuma agak miris aja ya ngeliatnya. Bukan karena saya tidak  suka dengan kedekatan teknologi dengan adik-adik, teknologi memang memberikan kualitas yang beda, semua yang user mau bisa didapatkan di sana, tapi sayang aja lihatnya, yang harusnya main karet atau ga lari-larian main gobag malah jadi ngedekem di kubikel warnet.

Semua anak memang tidak seperti apa yang saya bilang di atas, masih ada banyak anak yang seneng baca, meskipun cuma rebutan gambar di buku sama temen-temen (Ubi banget nih!) atau cuma nempelin stiker di sticker book.


Saya menghargai keputusan mereka sebagai anak, mereka punya pilihan, apalagi mereka lahir di mana akses internet sangat mudah di dapat. Tapi mereka ‘anak’ yang bearti perlu bimbingan dan binaan (ea). Saya suka berspekulasi tentang penyebab ketidak tertarikan sebagian anak terhadap buku, saya baru jadi maniak sekitar 2 tahun yang lalu. Waktu SD saya cuma bercita-cita jadi orang yang suka buku tapi ternyata tak menemukan buku yang membuat saya kejeblos, dan baru nemu penjeblos itu saat SMP.
Bisa jadi, penyebab ketidak tertarikan itu sama seperti kasus saya, mungkin mereka ngga tau apa yang harus dibaca, kenapa dia harus baca dan lain-lain. Rasanya kalau penyebabnya ini, andil orang tua disekitarnya sangat besar!



Saya memang ngga memaksa semua anak kudu rajin membaca (jadi sebenernya saya ini mau nulis apa? -_-), karena masa-masa mereka harusnya tidak terlalu serius, mental mereka saya rasa belum cukup menanggapi hal yang serius. Tapi serius, baca itu penting lho. Meskipun ngga harus menjadi maniak, tapi setidaknya, hati kita tergerak untuk baca. Karena dengan membaca, kita pasti bisa membaca -_- hal-hal yang belum kita ketahui bisa kita ketahui. Yah, pada intinya mah, sempatkan waktu membaca.

Saya jadi mikir ini kenapa postingan gagal focus. Kembali ke perkara buku anak. Saya bisa menarik kesimpulan bahwa, kita tidak bisa memaksakan anak untuk menjadi gila membaca (tapi itu punya manfaat yang banyak) tapi kita juga tetap harus mengenalkan buku kepada mereka, terutama buku cetak (Supaya anak terjaga dari radiasi), pengenalan itu bisa berlangsung lama karena mereka biasnaya jatuh cinta dengan cepat dengan Tamiya atau ngga Barbie. Supaya nantinya, anak tau bahwa buku adalah buku. Lha.


Perkara minat-minatan sudah selesai, saya mau update bacaan saya selama April, khususnya buku anak yang saya pinjam dari Pusda. Ada Cleo The Savior Of Volanian, Princess Grace #1 dan Princess Grace #2, Nantikan bahasan mengenai buku-buku itu ya!


No comments:

Post a Comment