[Review] Alone

Judul : Alone
Penulis : Tim @SJFF_INA
Editor : Velisya Maharani
Tata sampul : Tim Kreatif
Tata isi: Amiza A.
Cetakan pertama : Desember 2013
Penerbit : Snar Kejora
ISBN : 978-602-7902-29-9
Tebal : 200hlm



Alone, adalah novel keroyokan anak @SJFF_INA yang berisi 10 cerpen buatan member kece dengan tema sepi, kesepian. Salah satu cerpen favorit saya adalah yang menjadi blurb novel ini, yaitu,Under The Snowflake karya @KENzeira.



Gaya penulisan setiap cerpennya cukup beragam, kebanyakan dari cerpen ini kurang menonjol khasnya penulis. Alurnya sendiri, well cukup oke, drama Korea banget dank has banget subtitle Indonesia hehehe. Sampulnya, ngga bisa dibilang jelek, ngga bisa dibilang bagus juga, ini mirip-mirip sampul fanfic yang ngga matang dan terkesan menyepelekan. Fontnya ngga cakep, dan quotesnya kayaknya sembarang deh karena saya ngga nangkep apa-apa, it has no mean.

Beberapa cerpen pace nya lambat, membuat saya bosan. Penggunaan bahasanya kurang cakep, masih semu dan garing. Beberapa ada yang maksain scene sehingga ngga nyaman pas dibaca.

Sejujurnya saya ngga tau mau bahas apa, karena kebanyakan masalah klasik. Masih banyak yang harus diperbaiki dari novel ini, misalnya pengulangan kata, penggunaan judul yang menurut saya ngga cocok seperti L’Amore e Una Scelta, ini kumcer Korea ya, banyak scene atau deskripsi yang mubazir, berbelit-belit, dan pengeksekusiannya kurang mulus. Atau mungkin saya hanya ngga berselera dengan Kokorean.

Dibalik itu semua, ini adalah hasil kerja keras, sangat bagus!



Sedikit cerita, buku ini saya dapatkan dari entah siapa, dalam proyek “Blind Date with a Book” kak Afifah @Lady Book’s Note sama mbak @PoetStories, buku ini menjadi runner up pilihan saya, nomor satunya buku kak Fifah yang kalau saya tebak sih bukunya Rainbow Rowell.

Sebenarnya, saya clueless dengan buku ini. Saya pun memilih sembarang untuk kandidat buku yang saya inginkan. Waktu itu yang saya pikirin cuma buku dari kak Fifah dan nulis itu jadi list yang paling saya inginkan. Tapi Tuhan memberikan apa yang saya butuhkan. Benar, dari banyak kemungkinan mungkin saya butuh ini.

By the way, terima kasih, lho, entitas yang udah kirimin buku Alone buat saya. Cluenya benar-benar tak tertebak >,< lain waktu saya juga mau blind date lagi sama buku! Terima kasih buat orang-orang dibalik proyek ini, semoga waktu kalian yang dipakai buat ngurusin Blind Date ini digantikan dengan amal baik J Amiiiin.


P.s : Foto menyusul

2 comments:

  1. Reviewnya kurang lengkap. Kalau memang kumpulan cerpen, sebutkan atuh beberapa judul cerpen dan sedikit ceritanya, hehehe (banyak maunya nih saya)

    ReplyDelete
  2. Buku aku yang mana yang mirip buku Rainbow Rowell? Lupa Ipin milih yang mana aja. Hehe.

    ReplyDelete