[Review] In A Blue Moon by Ilana Tan

Judul : In A Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Tahun terbit : 2015
Penerbit : Gramedia
ISBN : 9786020314624

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.



Bagi saya, yang belum pernah mencicipi karya Ilana Tan, In A Blue Moon adalah permulaan yang cukup, well, cukup biasa. Alurnya yang mudah tertebak, lemahnya konflik dan terlalu dewasanya novel ini membuat saya bilang begitu. Ke dua tokoh utama berusia dewasa muda, dan penokohannya benar-benar  dewasa, maksud saya, dewasa yang tidak mendramatisir seperti seorang remaja. Intinya penokohannya wajar dan normal, tidak ada sesuatu yang menonjol dan unik dari ke duanya, kesan menarik hanya terlihat pada appareance seperti ganteng dan cantik, dan malah itu yang membuat novel ini menjadi b aja.

Penulis menggunakan gaya terjemahan dalam menceritakan kisah cinta-benci antara Lucas Ford dan Sophie Wilson, berlatar di New York. Saya menikmati cara penulis menyajikan cerita, ringan, sederhana tanpa mengurangi imajinasi saya. Porsi dialog lebih banyak ketimbang dengan narasi, dan itu yang paling saya suka dari novel ini. Untuk hal gaya menulis, Ilana Tan memang baik.


Tokoh yang saya paling suka di novel ini adalah Nic, sahabat Sophie Wilson. Adegan yang paling saya suka adalah hm, saya rasa adegan saat Lucas mengantar Sophie sampai ke depan apartemen Sophie. 3/5 bintang untuk novel ini.

No comments:

Post a Comment