[BLOGTOUR & GIVEAWAY] Geng Penyelamat Penyu



Bagi gue yang to be honest menyangka bahwa novel Tentang Kita adalah cerita cinta ala-ala, gue cukup terkejut ketika mulai membaca lembar demi lembar. Hipotesis gue dipatahkan secepat kilat, gue salah menghakimi novel ini.

***
Novel ini berkisah tentang penyelamatan penyu oleh GEPEPE (Geng Penyelamat Penyu) yang bermula dari kegelisahan Putri terhadap munurunnya jumlah telur penyu di Pulai Durai, tempat ayahnya bekerja. Tak ingin melihat populasi penyu menurun, Putri berbagi kegelisahannya dengan teman sepergengan (Awan si ketua geng, Ical si bujang harapan daerah tampan, Jay kribo, Acun si gempal), menyusun rencana heroik di bawah kedai kopi milik Cik Hafsah.

Raja Azman, ayah Awan, sang pemilik Pulau Durai ,tentu saja menolak gagasan GEPEPE untuk menetaskan lebih banyak telur yang berarti menggerus pundi-pundi keuntungannya. Raja Azman ini keras betul kepalanya, merayu Raja Azman bagi Awan merupakan mission impossible. Tapi Awan sudah bertekad, apapun yang harus ia korbankan akan ia korbankan, demi penyu dan mimpi Putri.
***
Pernah ngga sih baca novel malam-malam, ditemani suara petugas ronda lagi mantek tiang listrik tiba-tiba lo ketawa sendirian? Ya begitulah kiranya reaksi gue tiap baca kisah lima remaja semprul ini, asli humornya. Padahal cuma dialog  melayu sederhana, tapi luar biasa ngocol. Gue paling suka kalau Ical-Jay mulai lempar-lempar bulyan.

Karakter-karakternya terasa hidup, gue selalu ngerasa bahwa di Durai, Anambas, ke lima anggota geng gemblung itu ada. Penggunaan bahawa Melayu campur bikin novel ini terlihat real. Suka sekali dengan bahasanya <3  Meski, jatah romance Putri-Awan ngga banyak, tapi itu yang bikin novel ini jadi manis.

Alurnya mengalir, nggak terasa dibuat-buat. Bagi gue yang asing dengan penyu, kini jadi sedikit tahu mengenai hewan yang dilindungi itu, gue juga jadi tahu tentang pulai Durai dan Anambas, sebelumnya bahkan ngga pernah denger nama dua pulau itu, dan sekarang, berbekal motivasi kepingin snorkling, gue iseng searching-searching di manakah Durai ini berada J

Sedikit banyak gue merasa bahwa ada soal pendidikan yang diselipkan penulis, yang membuat gue setuju bahwa pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tapi bagaimana membuat manusia menjadi luhur.

Karakter Ical adalah karater favorit gue (Awan favorit ke dua), dia cukup easy going meskipun mak Ical adalah penjual telur penyu yang berjualan di bawah spanduk larang jual telur penyu, gue suka Ical yang berlapang dada menerima kenyataan, gue suka Ical, intinya J.

Yang sangat disayangkan adalah pace part terakhir dan eksekusi yang bikin gue greget dan bertanya-tanya mengapa harus begini? Mengapa?

“Bahwa tujuan kita belajar adalah untuk membumikan nilai-nilai kemanusian.” -halaman 192

GIVEAWAY


Jadi, ini adalah kali pertama gue ngehost suatu blogtour, dan gue sangat senang karenanya. Jadi sebagai blog penutup rangkaian blogtour Tentang Kita, gue berterima kasih kepada Allah, Penerbit Diva Press, Laksana Fiction, BBI, bang Dion dan host-host blogtour. (Lebay amat ya L) Oh ya, terima kasih buat penulis Tentang Kita, karena aku sukak sama novel ini! Dan buat yang kepengin dapat novel ini, cek syarat-syarat di bawah ini, karena ada satu novel ini buat peserta yang beruntung persembahan dari Diva Press!!

1. Follow twitter @divapress01 dan @laksana_fiction , jika klean tidak punya twitter, monggo like FB ‘Penerbit Dive Press'
2. Berdomisili di Indonesia (maaf kepada para penghuni Mars)
3. Share giveaway ini di (Pilih salah satunya ya geng)
  1. twitter, tag @divapress01 @laksana_fiction dan @ipinkar
  2. instagram dengan merepost foto https://www.instagram.com/p/Bh-rmBNhUmi/ 
4. Jawab pertanyaaan ini di kolom komentar dengan menyebutkan nama dan link share,“Kalau kamu punya uang banyak, uangnya mau diapakan?”
5. Periode quiz 25-30April
6. Pemenang akan diumumkan berdasarkan jawaban yang paling menarik, akan saya umumkan di blog, twitter dan instagram pada 1 Mei. Stay tune!

23 comments:

  1. nama ; Farida Endah
    Link Share :
    https://twitter.com/farida_271/status/989039448322117632

    jawaban : kalau aku punya uang banyak? berarti nominal tidak terhingga ya Mbak. pertama ; dipakai buat modal usaha jualan hijab kemudian beli HP baru untuk mendukung performa jualan. lalu membeli Rak Buku dan beberapa wist list buku yang sudah jadi inceran sejah lama.
    jika masih sisa kasihkan ke orangtua untuk merenovasi rumah. dan sebelum itu semua aku ambil 2,5% dari total uang yang aku punya untuk aku kasihkan ke masjid karena kebetulan masjid dekat rumah lagi tahap renovasi juga.

    ReplyDelete
  2. Nama : Hamdatun Nupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/989051374334873606
    Jawaban :

    Pertama-tama kalo aku beneran punya uang banyak yang tak terhingga pasti pingsan sih ahaha, soalnya uang yang paling banyak yang pernah kupunya masih bisa dihitung wkwkwk (kecuali jiwa dan raga ini, tak ternilai harganya! tsahhh -Kibas jilbab-). Dan bersyukur sama Allah pasti. Caranya ?

    Bahagiain orangtuaku yang tinggal satu (ibu), ngumrohin/berangkatin haji gitu (karena belum bisa). Bikin rumah impian beliau, dulu soalnya pernah ngungkapin pengen rumah begini-begitu sebelum bapak berpulang. Yang penting nyaman sih, biar aku tenang kalo pergi-pergian (Dan harus ada perpustakaannya). yang lainnya apa yah ? nanti kutanyain dulu lah maunya ibu apa lagi (sip).

    Untuk yang lainnya, ini berkaitan sama impianku sih. Kalo aku beneran punya uang sebanyak itu aku kepengen banget bangun sekolahan yang keren. Yang bangunannya megah karena aku kepengen sekolahan ku itu harus punya fasilitas terlengkap untuk menunjang kegiatan ajar-mengajar para siswa-siswinya. Ada asramanya juga, dan seragamnya juga harus keren. Aku akan training para staf pengajarnya dengan baik, karena guru adalah tolak ukur kesuksesan seorang murid aku gak mau menerima staf pengajar yang sembarangan. Pokoknya sekolahku ini harus menjadi tempat pencetak penerus bangsa yang cerdas dan beradab (tsahhh). Dan semua yang belajar di sekolah ku ini tak akan kukenakan biaya alias gratis. Jadi harus ada seleksi ketat (di utamakan untuk keluarga yang tidak mampu).

    Karena aku suka sekali traveling, akan ku sibukkan hari-hari luangku untuk berkeliling ke setiap sudut bumi. Dan menuangkan semua kisah perjalananku ke dalam buku berseri (macam Trinity). Aku ingin membuat orang lain bahagia atas apa-apa yang membuat ku bahagia meski hanya dari sekedar membaca tulisanku, wahhh ini akan menyenangkan sekaliii >_<.

    Apa lagi yah ? Hmmm nampaknya akan menjadi daftar panjang tanpa akhir kalo beneran harus di uraikan, ahaha. Segini dulu deh cukup, berkhayalnya jangan serakah XD. Semoga menjadi nyata amiiinnn


    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku daftar sekolah di situ ya :)

      Delete
  3. Nama : Rindang Yuliani
    Link share : https://twitter.com/Ryu_keren/status/989352463613419520
    Jawaban:

    Kalau punya banyak uang, aku pengen bangun perpustakaan di kota kecilku. Perpustakaan yang lengkap dan canggih biar bisa jadi tempat nongkrong yang tepat bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin mencari referensi. Bangunan perpustakaannya dua lantai, di lantai satu tempat buku-buku dan resepsionis.

    Lantai atas untuk ruang baca dan pertemuan. Pasti banyak yang datang karena fasilitas seperti ini belum ada di kotaku. Aku mau beli dua ribu judul buku dari berbagai genre supaya koleksinya lengkap dan bisa dinikmati semua kalangan dari anak-anak hingga lansia. Dan yang paling penting, layanannya free.

    ReplyDelete
  4. Nama : Sulistya Dyana Putri
    Link share: https://twitter.com/sulistyadputri/status/989372885243326464

    Sebenarnya aku gak suka berandai-andai. Itu sesuatu yang gak pasti terjadi. Tapi jika memang harus di jawab... hmmm...
    Kalau aku punya uang banyak, pasti aku tabung 50%. 15% aku tabung sebagai dana cadangan. 10% untuk dana beramal. 20% aku gunakan untuk modal usaha. 5% aku gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

    Tapi sekali lagi. Aku gak suka berandai-anadai, jadi semua itu harus pakai usaha. Jangan kebanyakan ngayal kalau di dunia nyata. Mending ngayalnya buat tulisan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mending ngayalnya buat ditulisin aja. Se7!

      Delete
  5. Nama : SITI MASLACHA
    Link Share : https://twitter.com/shitiearushi/status/989588541603700737
    Jawaban :

    “Kalau kamu punya uang banyak, uangnya mau diapakan?”
    Kalau ditanya seperti itu, klise sih jawabanku, mah. Sama seperti jawaban teman-teman yang lain, pengin menaikkan haji orangtua; menyekolahkan adik sampai jenjang pendidikan tertinggi; sedekah; bangun masjid dan yayayasan; menabung; dan lain sebagainya.
    Tapi kalau berandai-andai, mah, aku pengin meminang Pangeran Yordan menjadi suami. wkwkwk. Kan udah setara tuh, doi orang kaya + Putra Mahkota, dan daku udah punya uang banyak. Jadi nggak akan malu-maluin. Masa iya, orang tak punya melamar seorang Pangeran. wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Pangeran sejuta umat tuh wkwkwkkw

      Delete
  6. Nama: yokko cesoeria lubis
    Link share : https://twitter.com/Yo_yamakaze/status/989743357214666755?s=19

    Jawaban:
    Kalau punya uang banyak, salah satunya saya mau buat perpustakaan keliling yang keluar masuk kampung terpencil. Sehingga anak-anak bisa menambah ilmu dari membaca.

    ReplyDelete
  7. Permisi, salaaam. saya speechless, nangis baca review ini. Makasi banyah ya, nanti sy balik kalau sudah bisa menenangkan diri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Wiwik! Duh, malu jadinya wkwkwkw

      Delete
  8. Nama : Ni Wayan Lia Permana
    Link Share : https://mobile.twitter.com/liapermana07/status/989844368625303553

    Kalau aku punya uang banyak aku bakalan gunain itu buat lanjutin pendidikan aku nanti di kuliahan karena sekarang masih SMA😅 untung-untung bisa masuk jalur undangan. Jadi nanti kalau dapat uang kan bisa digunain buat biaya kuliah.

    Terus akhir-akhir ini sekolah juga lagi gencar banget mendengungkan budaya literasi jadi baca buku yang gak berkaitan dengan pelajaran, jadi buat beli novel gitu😆. Untung-untung dapat novel kak Wiwi yang ini.

    Adik aku yang masih SD juga merengek terus minta beliin sepeda dari kemarin-kemarin😅.

    Itu aja kok, sisanya buat ditabung buat biaya pendidikan adik-adik aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai pejuang SNMPTN :) Salam dari yang gagal SNM :)

      Delete
  9. Gk bisa ikutan karena tak bisa instal aplikasi instagram di komputer jadi tak bisa bagiin hal ini di IG. :(

    ReplyDelete
  10. Nama: Bety
    Linkshare: https://twitter.com/bety_19930114/status/990104540270641153
    Jawaban: Kalau aku punya uang banyak, aku akan menggunakannya untuk investasi jangka panjang. Aku akan mendirikan konservasi atau perlindungan hewan yang hampir punah terutama penyu. Aku akan membangun tempat penginapan di sekitar konservasi khusus untuk pengunjung dan ilmuwan yang ingin belajar tentang pelestarian hewan -hewan tsb. Aku juga membangun laboratorium penelitian yang lengkap serta canggih demi kelangsungan hidup si hewan. Semua itu dilakukan agar anak cucu kelak masih bisa melihat hewan-hewan yang terancam punah tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa aku juga kepengen bikin sanctuary nih ;(

      Delete
  11. Nama: Cahya S.
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/990227504911728641

    Jika aku punya banyak uang berarti aku kaya, mobilku banyak, rumahku di mana-mana. Siapa yg minta, akan aku beri (only for people who really really really need it).

    Bubarin aja acara mikropon pelunas utang. Ga usah capek2 nyanyi, ga perlu ngerasain kecewa karena gagal mic nya ga bunyi. siapa yg punya utang tinggal ngantri dimari. Langsung aja tak kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That 'mikrofon pelunas hutang' wkwkwkwkw

      Delete
  12. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/990995241644711936?s=19

    “Kalau kamu punya uang banyak, uangnya mau diapakan?” — Mau aku tabung biar makin banyak. Biar beranak. Terus kalo udah beranak, aku beranakin lagi. Nah kalau udah punya cucu nih, baru aku pake buat beli properti. Ukurannya kecil-kecil aja, 3x3 M tapi 20 unit 👼👼

    Soalnya enggak mungkin juga duitnya aku buat main pesawat-pesawatan dari kertas. ✈✈

    ReplyDelete