Hari Buku Nasional


Jiah, saya telat banget yak kalau bikin postingan malem begini, habis sepagian dan sesiangan tadi sibuk ngurus gladi kotor perpisahan. Dan baru cek Bbi dan ada postbar. Ini kali pertama saya ikutan postbar Bbi, maklum, saya baru diresmikan huehehe :3

Ngomongin #HariBukuNasional, saya mengenal buku memang sejak sebelum Tk, tapi baru benar-benar menggemari fiksi tahun ini, ya tahun ini adalah masa aktif-aktifnya huting buku dan niat banget, sebelumnya cuma nungguin karya dari penulis favorit doang, tpai sekarang saya menjelajah dunia dengan buku-buku lainnya.

Buku fiksi Indonesia saya nggak banyak-banyak amat (yang lagi dipinjem nggak kehitung ye :p ) apa lagi yang terjemahan -_- apa lagi buku berbahasa inggris cuma satu -_-

Dan daaaan, foto bukunya harus dipoles sedikit karena ada buku terjemahannya, supaya ngak ngerusak suasana nasionalisme XD, suman, fotonya diambil beberapa dekade lalu, kalau malam ini, takut ada penampakannya hihihihi.



Saya nggak bisa bandingin dunia literasi Indonesia dengan negara lain, honestly. Pasalnya saya nggak tau detail perbukuan luar negeri -___- tapi saya merasa cukup kok dengan dunia perbukuan Indonesia. Yaa walaupun yang saya tau taman baca atau perpus di Serang nggak banyak -_- Bahkan saya niat punya tempat rentalan novel pertama di Serang XD. Bahkan, perpus tempat saya cuma bisa dibilang gudang buku secara harfiah, gudang ... ya gudang, tak terawat dan sebagainya. Lumayan banyak buku fiksi di sana tapi keluaran zaman perang dan tidak menarik. Saya pernah nemu buku Nina Ardianthi waktu itu, cuma satu buku fiksi popnya yang saya temukan -_- Subhanallah ya perpus sekolahan :3

Sebagai pecinta buku, tentu nggak bisa lepas dari buku (fiksi. terutama), setiap hari pasti harus ada bacaan. Orang tua saya nggak masalah dengan hoby saya baca dan nimbun buku ... tentunya. Tapi anehnya, kenapa waktu saya baca bokap bilang, "Buku cerita aja buku cerita." Hey, what's wrong? apa salahnya baca buku fiksi? menurut saya, dengan membaca buku fiksi, otak kita di asah untuk bermimpi, membuka kemungkinan-kemungkinan lain di dunia itu, bahkan menurut saya buku fiksi itu semacam self-help! 

Haloyoh, salah fokus!

Bagi saya yang hemat berbicara dan lebih suka diam, itu menjadi self-help, nggak usah ngomong dan nanya tapi kita bisa dapat jawaban dengan membaca! Yah, walaupun fiksi tetap fiksi. Tapi fiksi secara umum di ambil dari kehidupan nyata, kan?

Yes, saya menang debat dengan bokap. Semoga saja beliau tak baca ini!




4 comments:

  1. Well, sebenarnya ini mirip dengan kisah saya yg juga doyan membaca dan mengoleksi buku bacaan. bedanya saya seringkali dimarahin ibu tatkala kebanyakan beli buku bacaan, kata beliau "Kalo beli buku jangan kebanyakan, ntar malah jadinya cuma dibaca satu kali ntar dilupain lagi. Kan pemborosan namanya." haha melihatnya kadang bener juga haha tapi entahlah, saya pengin punya perpustakaan pribadi, sudah jadi obsesi dari dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget, kepengen juga punya perpus pribadi, tapi ya gitu ortu kadang keki kalau saya beli buku fiksi terus >,<

      Delete
  2. Biar gak di omelin ortu bukunya di bagi-bagi aja .. Ke aky contohnya hehehe :-D

    Bisa samaan ya punya banyak buku tpi bedanya aku lebih suka ke novel islami gitu tpi ttp aja ortu mah ngomel klo kbnyakan beli buku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh, kalau aku udah kerja yawkwkk

      iya suka kaya gitu, kenapa ya?

      Delete