[Review] 18 vs 29


Judul: 18 VS 29: Loving You, Forgetting You
Penulis: Ji Su-hyun
Penerjemah: Rusmalasari & Dwita Rizki Nientyas
Penerbit: Qanita (imprint Mizan)
Penyunting: Lelita Primadani
Proofreader: Emi Kusmiati
Layout cover: Agung Wulandana
Tebal: 316 halaman
Harga: Rp50.000,-
Rating: ★★★


Hye Chan, wanita berumur 29 tahun itu mengalami kecelakaan yang membuatnya lupa segalanya, perceraian, keluarganya, suaminya. Tapi tidak dengan Ji Woo, wanita yang merasa umurnya 18 tahun ketika bangun dari kecelakaan itu mengingat Ji Woo, bahkan memuluknya, di depan suaminya yang tidak ia ingat.

Sang Yeong, artis terkenal, nomor 1 di hati para wanita Korea, saat istrinya menggugatnya, darahnya naik, namun kali ini kemarahannya benar-benar tak terkendali walaupun selalu begitu saat tau istrinya, Hye Chan, mengalami amnesia.

---

Ini kali pertama saya baca karya Ji Su Hyun, dan terkejut. Blurpnya memang menampilkan premisnya tapi saya lebih terkejut saat baca bab 1, ternyata asumsi saya dijungkirbalikan, tadinya saya kira Hye Chan tidak menggugat cerai dan masih banyak asumsi. Hebat, mempermainkan pembaca dengan cara yang keren. Plot twistnya juga gemesin eh.

Alurnya pun oke, dari segi konflik, buat saya ini beda, bisa ya kepikiran bikin novel ini lewat pertanyaan yang kayaknya ngga mungkin dan nggak penting, dan ditulis dengan apik. Pembagian penokohan pada setiap karakter juga imbang, I mean, setiap tokoh punya sifat menonjol tersendiri dan mengambil part yang ideal (ngomong apa gue nih -_-) peran heroine di sini juga imbang, semuanya sama.

Karakter yang paling saya suka adalah Sang Ha, dia memang tunawicara dan tunarungu, tapi sifat baiknya dan sabaran bikin meleleh juga, ditambah lagi adik Hye Chan, Hye Won, menginginkan Sang Ha. Karakternya beda, ngga biasa saya temuin di novel-novel. Ini point pentingnya, karakternya kuat. 

Adegan yang paling saya suka adalah adegan paling puncak, yang bikin bergetar, adalah adegan di mana tokoh utama cowok diculik lalu bla-bla-bla.

Over all, buku ini layak dibaca bahkan saya rekomendasikan buat yang lagi bingung beli/baca novel. 4/5 bintang!


No comments:

Post a Comment