[Review] 123 Anti Bego


Penulis : @alienstartrek
Penyunting : Gina S Noer dam Amely O
Perancang sampul : Fahmi Ilmansyah
Desain dan ilustrasi : Teguh Mashara
PlotPoint
136 hlm
2012
978-602-948-10-75

@alienstartrek adalah alien yang diberi misi mengacaukan pikiran anak muda di muka bumi.  Beliau berprofesi sebagai guru menulis kreatif di komunitas anak manusia di Bandung. Beliau telah melaksanakan misinya dengan melahirkan buku ini.

“Jangan berusaha memuaskan semua orang, akan selalu ada orang yang punya standar kepuasan berbeda.” Pg. 58

Buku ini adalah kumpulan fakta-fakta unik [bahkan ada fakta kosmetik, lho], kalau menurut saya, ini seperti buku ensiklopedia mini yang berisi fakta random yang diplesetkan. Sepertinya bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa (atau mengacaukan pikiran anak muda hihi).

“Dunia nggak menghargai kesempurnaan, dia sadar bahwa ngga ada hal yag sempurna. Alih-alih dia lebih menghargai tindakan. Ambil keputusan, ambil tindakan, belajar dari kesalahan, ulangi dari langkah pertama lagi.” Pg. 59

Berisi 123 fakta yang bikin kamu (setidaknya) ngga bego-bego-amat lagi. Saya terharu dengan niat mulia sang penulis juga tim kreatif, ide ini sangat brilian. Kita bisa menyelam sambil minum jus, sambil belajar sambil cekikikkan. Kebanyakan fakta di buku ini adlah fakta yang jarang diketahui orang, misalnya

“Hati-hati dengan tuah bendera. Saat John Wilkes Booth meloncat ke panggung setelah menembak prisedn Lincoln, dia sempat tersandung … (wait for it) … bendera Amerika.” Pg. 96

Kutipan di atas adalah salah satu dari banyaknya fakta di buku ini yang saya tidak ketahui sebelum [saya bego amat, ya].
Ngga cuma fakta random yang menghias buku ini, ada selipan komik yang lucu dan “Meteran Kepentingan”, juga ilustrasi yang lucu-lucu. Oh ya tentang “Meteran Kepentingan” ini, adalah nilai yang kamu berikan untuk suatu fakta, skalanya dari 1-5. Saya sih ngga mengisi itu, saying aja bukunya di coret-coret, hihihi. Yang paling saya suka dari buku ini adalah bookmarknya yang bisa dipotong jadi banyak dan sangat kawaii.

Oh, ya, selain lucu-lucuan, @alienstartrek juga bijak lho, beliau menyematkan kata-kate heroiknya yang bikin batal bunuh diri, lho?

“Jangan abaikan semua orang, akan selalu ada orang yang penting untuk didengar dan disimak pendapatnya.” Pg.58

Kekurangannya adalah isi buku ini kurang renyah, ibaratnya ini seperti lelucon dari Sasuke, lucu, tapi umes. Padahal kalau saja dibenyekin lagi, saya yakin buku ini bakal dapat 4 bintang dari saya. Overall, buku ini sangat co-cok buat panganan sambilan huehehe.



No comments:

Post a Comment